AUDIT MUTU INTERNAL – PRODI MANAJEMEN & PRODI AKUNTANSI PERIODE FEBRUARI 2021

Dalam rangka menjaga dan memperbaiki mutu serta pelayanan akademik di lingkungan internal Program Studi (Prodi) maka perlu diadakannya audit. Skala audit yang dilakukan adalah Audit Mutu Internal (AMI) yang berfokus pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berkaitan dengan Program Studi. Pelaksanaan audit ini dilakukan secara serantak dalam lingkungan internal Universitas Katolik Darma Cendika. Untuk Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu Fakultas Ekonomi (GKM FE) yang terdiri dari 3 orang yaitu Ibu V. Devina Setyawati, S.E., M.S.A sebagai Ketua, Ibu Stephanie Astrid Ayu, S.E., M.M. sebagai Anggota 1 dan Ibu Citra Anggraini Tresyanto, S.E., M.M. sebagai Anggota 2. Kegiatan pelaksanaan AMI diawali dengan pelatihan auditor yang diikuti selama kurang lebih 5 hari pelaksanaan pelatihan sebagai langkah awal persiapan GKM FE untuk kegiatan AMI.

Pelaksanaan AMI Prodi dilakukan dengan agenda kegiatan berikut :

  1. Rapat Pembukaan dilakukan oleh anggota GKM pada tanggal 15 Februari 2021 pukul 10.00 WIB 
  2. Kegiatan AMI Prodi Manajemen pada tanggal 16 Februari 2021 dimulai pada pukul 09.00 WIB
  3. Kegiatan AMI Prodi Akuntansi pada tanggal 22 Februari 2021 dimulai pada pukul 09.00 WIB
  4. Penyerahan Laporan AMI oleh GKM kepada Dekan Fakultas Ekonomi pada tanggal 3 Maret 2021 pada pukul 09.00 WIB

Penutupan kegiatan AMI pada tanggal 4 Maret 2021 dilakukan oleh GKM bersama Dekan Fakultas Ekonomi beserta Kaprodi Manajemen dan Akuntansi

Penyerahan Laporan AMI kepada Dekan Fakultas Ekonom
Penutupan AMI
Penyerahan Laporan AMI kepada Anggota BPM

Audit mutu internal ini berfokus untuk melakukan audit berdasarkan pelaksanaan Standard SOP Manual Mutu yang telah dimiliki. Fokus audit pada 19 standard mutu, yaitu :

  • Fokus Audit 1:     SOP 8.1.-1      Prosedur Penetapan Kurikulum
  • Fokus Audit 2:     SOP 8.1.-2      Prosedur Penetapan RPS
  • Fokus Audit 3:     SOP 8.1.-16    Prosedur Penetapan Jadwal Kalender Akademik
  • Fokus Audit 4:     SOP 8.1.-3      Prosedur Penetapan Jadwal Perkuliahan
  • Fokus Audit 5:     SOP 8.1.-17    Prosedur Pengisian KRS/KPRS
  • Fokus Audit 6:     SOP 8.1.-8      Prosedur Pengajuan Cuti Kuliah
  • Fokus Audit 7:     SOP 8.1.-11    Prosedur Penetapan Dosen Wali
  • Fokus Audit 8:     SOP 8.1.-4      Prosedur Penetapan Dosen Pembimbing Skripsi/Tugas Akhir
  • Fokus Audit 9:     SOP 8.1.-86    Prosedur Bimbingan Akademik
  • Fokus Audit 10:   SOP 8.1.-5       Prosedur Penetapan Jadwal UTS/UAS
  • Fokus Audit 11:   SOP 8.1.-9      Prosedur Input Jurnal Perkuliahan
  • Fokus Audit 12:   SOP 8.1.-10    Prosedur Permintaan Soal Ujian
  • Fokus Audit 13:   SOP 8.1.-18    Prosedur Penginputan Nilai
  • Fokus Audit 14:   SOP 8.1.-19    Prosedur Pneginputan Nilai Lewat Tenggat Waktu
  • Fokus Audit 15:   SOP 8.1.-25    Prosedur Penerbitan Transkrip Nilai
  • Fokus Audit 16:   SOP 7.1.-1      Prosedur Penerimaan Calon Dosen
  • Fokus Audit 17:   SOP 7.1.-3      Prosedur Pengajuan Jabatan Fungsional
  • Fokus Audit 18:   SOP 8.1.-6      Prosedur Pengisian Angket Kinerja Dosen
  • Fokus Audit 19:   SOP 4.2.-2      Prosedur Penyusunan Renstras Fakultas

Dari hasil tersebut telah disimpulkan dan disepakati dari 61 temuan audit terdapat 33 temuan terselesaikan, serta 28 temuan tidak terselesaikan. Adanya kegiatan audit secara internal ini dapat menjadi tolok ukur perbaikan pelayanan akademik kedepannya.

LAPORAN AKHIR AMI GKM 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *